9.07.2010

Aku dan sekolahku

Jujur sewaktu pertama kali aku menginjak ke jenjang yang lebih tinggi dari sekolah menengah pertama , aku agak kecewa . Karena apa ? Karena aku tidak begitu suka dengan sekolah yang aku tempati . Kesannya pinggiran dan bukan sekolah yang berkualitas tinggi (maaf) . Tapi yam au gimana lagi , nem yang aku dapat juga rendah sih .

Tau kenapa nem ku rendah ? Karena saat itu aku lagi males ngerjain ujian (lhoo kok bisa) . Aku ga tau kenapa ?? Apa juga mungkin karena aku lagi diuji sama Allah SWT ??
Mungkin emang iya . Dulu sewaktu aku masih berada pada tingkat sekolah menengah pertama, aku agak sombong . Tapi bukan sobong yang memamerkan harta dsb (orang ga ada yg bisa dipamerin) tapi aku agak sombong dengan kecerdasan aku .

Well aku akui aku emang enggak terlalu bodoh , tetapi juga enggak pinter , jadi saya berada pada tingkat yang tengah – tengah lah . Entah mengapa dulu ketika saya berada di tingkat Sekolah Dasar, saya itu orangnya pemales , ga pernah beajar (nyatet apalagi) . Bahkan dulu tu ya aku enggak tau aku sekolah buat apa ? Ya cuma mengikuti alur saja . Namun entah mengapa, nilai saya lumayan bagus , dan saya juga tidak merasa melakukannya dengan susah payah .

Ketika saya mau masuk ke Sekolah Menengah Pertama, saya juga mengerjakan ujian dengan biasa saja, kayak enggak “ngebet” banget buat sekolah . Tapi Alhamdulillah karena keberuntungan saya diterima di sekolah itu .

Sekolah yang saya masuki memang termasuk sekolah favorit di kota jogja . Dulu saya tidak tahu itu , hanya menuruti orang tua . Setelah saya tahu, saya rada berbangga hati kepada diri saya dan orang lain . Tapii , buseet dah , di sekolah itu peraturannya disiplin banget, udah gitu tugasnya bejibun . Mana bisa saya orang yang pemales ini bisa ngerjain tugas yang berjibun banyaknya . Makanya beberapa kali saya tidak mengerjakan tugas , dann saya menjadi siswa yang biasa saja disitu .

Tapi ada kekurangan dari saya , terkadang saya terlalu meremehkan siswa – siswa dari sekolah lain, berasa sekolah saya itu sekolah favorit gitu . (yaampun sombongnyaa) Karena berasa di sekolah favorit makanya saya jadi enggak pernah belajar dsb . Sampai2 kelas 3 pun datang mengahadang . saya belum siap dengan datangnya kelas 3 , yaudah saya (walaupun males) saya peksakan untuk belajar . Wew

Tapi usaha saya mungkin terlambat, karena udah kelas 3 baru nyadar belajar .. Hmmm .. udah gitu kurang ada motivasi yang sangattt kuat untuk aku belajar . Mana waktu itu lagi kena syndrome kepedean (baca : sombong)

Mungkin Allah menguji aku dengan sifat sombong yang aku miliki . Padahal semuanya itu berkat rahmat dan ridho dari Allah SWT. Berkat sifat burukku itu , nem yang aku dapetin rata – rata (baca: pas pasan). Sehingga aku hanya bisa diterima di beberapa sekolah negeri di Yogyakarta . Setelah keterima di salah satu sekolah , kemudian mendaftar bla blab la bla ..

Saya baru tau , kalau sebenarnya saya bisa bersekolah dimana tempat teman – teman saya banyak diterima disitu. Mulanya saya sangat kecewa pada orang tua saya , Mengapa ? Karena orang tua saya lah yang memutuskan agar saya bersekolah disitu, saya mah manut2 saja . Jadi itu bukan 100% keputusan saya . Kemudian, sekolah itu bukan sekolah yang saya impikan sejak dulu, dan juga saya tidak bisa bersama teman2 saya lagi :’(

Saya merasa agak shock . Karena saya tau , sekolah saya memang standar (artinya berada ditengah – tengah) . Tetapi saya ingin sekolah yang berada di atas .
Selama 1 minggu saya berada di sekolah, saya belum betah sama sekali. Entah mengapa ? Sampai2 ada semacam ospek di sekolah saya . Disitu saya mulai belajar untuk menjadai orang yang suka bersosialisasi dengan siapa saja.

Akhirnya saya sadarakan kekeurangan saya . Saya banyak belajar bersosialisasi disini. Karena disini banyak hal, banyak orang dari berbeda2 sifat, tempat, dsb yang membuat saya belajar tentang hidup.

Setelah beberapa lama di sekolah ini, lama2 saya menjadi suka, saya sangat nyaman, betah dsb . Disini lah saya belajar . Bukan hanya dalam akademik, tapi juga non akademik. Saya mulai belajar bersosialisasi, berbagi, tidak sombong, tidak membeda-bedakan, dan masih banyak yang lainnya.

Di sekolah ini saya menemukan banyak hal yang tidak dapat saya pelajari di sebelumnya. Saya mempunyai banyak teman, banyak sahabat, banyak sukacita yang terjadi .

Dann kalian tahu yang paling penting, di sekolah ini saya mendapatkan pelajaran dan hikmah dari kebiasaan buruk saya di masa lalu. Saya bangga sekolah di SMA N 4 Yogyakarta, yang tidak hanya mengajarkan bidang akademis maupun non akademis :D
Saya harap kita bisa belajar dari pengalaman saya ini . Terimakasih ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar