12.05.2010

pelajaran ipa ??

Apaan sihh itu ??
Rasanya mangkel banget nek udah menghadapi soal ipa apa lagi kalo enggak ketemu jawabannya ..
Rasanya pengen makan itu soal (nek bisa dimakan)
Tapi, ada sesuatu hikmah yang aku dapet dari pelajaran MIPA (tumben banget)

1st Matematika
Semua pelajaran tu mesti ada Matematikanya. Enggak bakal deh jauh2 dari mtk. Baik ipa maupun IPS. Semua sama mesti ada perhitungan sama matematika.
Jangan remehin matematika lhoo . Matematika terbukti bisa meningkatkan logika orang. Jadi bisa penuh perhitungan dalam melakukan sesuatu hal. Dan hidup kita pun ketika sekolah maupun udah lulus, pasti akan ketemu sama yang namanya hitung – hitungan. Jadi jangan remehin matematika yaaa…
Oiya, ada satu kata mutiara yang aku ingeeet banget tentang matematika :
“Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata – mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini” by Johny von Neumann

2nd Fisika
Pelajaran paling “complicated” dari semua kemampuan IPA. Serius, pelajaran fisika uang kata beberapa orang “mudah” itu pun bisa membuat anak IPA takluk dan berlutut padanya.
Aku aja sampe heran kok bisa yaa einsten, newton, pascal, Archimedes, faraday dkk bisa membuat beberapa teori fisika. Sejenius apa mereka “jaman dulu” ?
Tanpa bantuan para ilmuwan jaman dulu, kita nggak akan bisa hidup senang kayak gini. Enggak ada lampu, listrik, telepon dkk. Bayangin, mungkin kita masih tinggal di gua – gua sambil bawa obor. Wkwkwk.. Nah kita harus bersyukur udah ada penemuan seperti itu jaman dulu. Sehingga sekarang kita enggak perlu susah – susah lagi.
Lha wong ilmuwan yang udah menciptakan banyak penemuan dengan susah payah aja mau kerja keras. Lha kok kita yang tinggal nulis rumus dan mempelajari beberapa teori fisika susah banget ..
Ayo semangaatt .. Kita pasti bisa  (nyemangantin diri sendiri yg kesusahan pelajaran fisika)

3rd Kimia
Pelajaran yang aku suka .. hhe .. tapi yo kadang mutung juga deng nek lagi enggak bisa .. wkwkwkwk .. Kimia itu ada disekitar kita . Paling banyak malah (udara).
Banyak hal – hal yang ada di sekitar kita yang tidak pernah kita sadari. Kayak : unsur – unsur dari udara, atom, asam, basa, cat, pemanis, dan banyak senyawa lain yang kita enggak pernah tahu. Aduh banyak banget . Gimana kita bisa tau tentang itu semua ?
Tenang aja, untuk mengenal lingkungan di sekitar kita, kita udah dikenalkan dengan kimia yang tanpa kita sadari sudah mencakup pengetahuan yang sangat luas tentang lingkungan sekitar kita. Kita akan sedikit lebih paham tentang proses yang terjadi di alam. Sekarang kita jadi lebih paham dan mengenal lingkungan kita kan ?

4th Biologi
Aku menyebut pelajaran ini sebagai pelajaran tentang kehidupan. Dimana kita sebagai manusia juga hidup, tumbuh dan berkembang. Kadang kita tidak mengenali apa yang ada pada diri kita sendiri. Kita tidak tahu bagaimana proses kita bernafas, menghasilkan energi, mencerna makanan, bahkan rasa sakit yang ada di dalam diri pun kita juga tidak tahu.
Setidaknya dengan biologi kita jadai lebih mengenal tentang semua hal itu. Kita jadi paham bila ada yang salah dengan tubuh kita. Bahkan di lingkungan kita, semua yang hidup telah dipelajari dalam biologi. Asyik kan belajar tentang hidup ?
Gimana setelah tau sedikit dari manfaat yang telah diberikan oleh pelajaran MIPA ?
Seru kan belajar tentang indahnya kehidupan ? :)
Bersyukurlah dengan apa yang kita punya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar